Visi, Misi,

Tujuan dan Sasaran, serta strategi Pencapaian

  • Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran serta Strategi Pencapaian
  • Jelaskan mekanisme penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi, serta pihak-pihak yang dilibatkan.
Penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studidisusun secara kolektif dalam rapat Program Studi, kemudian dilanjutkan pembahasannya ditingkat fakultas dalam acara lokakaryarestrukturisasi kurikulum tahun 2013. Penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran tersebut dilakukan selain berpedoman pada visi, misi, tujuan dan sasaran Fakultas dan Universitas, juga didasarkan pada berbagai hasil identifikasi dan analisismeliputi:

a.    Kebutuhan dunia kerja,

b.    Kebutuhan pembangunan daerah,

c.    Ketersediaan sumber daya,

d.   Perkembangan IPTEKS.

Visi, misi, tujuan, dan sasaran Program Studi secara berkala (5 tahun) akan ditinjau kembali dan menyesuaikan perkembangan dengan dinamika masyarakat.Penyusunan visi, misi, tujuan, dan sasaran Program Studidi lakukan dalam dua tahap yaitu dilingkungan program studi kemudian dibahas ditingkat fakultas. Pihak-pihak yang hadir dalam penyusunan visi, misi, tujuan, dan sasaran program studi ditingkat program studi adalah seluruh Staf Dosen, Mahasiswa dan Alumni, sedangkan pembahasan ditingkat fakultas dilakukan dalam acara lokakarya restrukturisasi kurikulum yang dihadiri oleh:

a.    Dekan

b.    Para Pembantu Dekan

c.    Para Jurusan dalam lingkup FKIP-Unpatti

d.   Para Ketua Program Studi dalam lingkup FKIP-Unpatti.

1.1.2.  Visi

Menghasilkan tenaga kependidikan Pendidikan Jasmani yang berkualitas unggul secara fisik, mental, emosional, sosial, intelektual dan moral, menguasai Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Sains (IPTEKS) yang dilandasi keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta memiliki kompetensi dan komitmen untuk mengembangkan pendidikan jasmani kesehatan, rekreasi sertamembantu pembinaan dan pengembangan olahraga prestasi guna kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.

1.1.3. Misi

Misi yang di emban Program Studi PJKR FKIP Universitas Pattimura adalah :

  1. Melaksanakan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi berbasis kompetensi/inteligensi majemuk (kompetensi pedagogik kepribadian, profesional, sosial) dengan pendekatan konstruktivis-partisipatif dan inovasi eksperimen adaptif berorientasi S-T-M (Sains-Teknologi-Masyarakat) laut pulau.
  2. Mengembangkan penelitian PJKR berbasis kompetensi serta teknologi tepat guna, ramah lingkungan, laut-pulau, yang bermanfaat bagi peningkatan harkat hidup masyarakat lokal-nasional-global secara berkelanjutan.
  3. Melakukan kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam penyebarluasan dan penerapan hasil-hasil penelitian serta rekayasa konstruktivis-partisipatif di bidang PJKRberbasis kompetensi, yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja keguruan yang terus berkembang.
  4. Mengoptimalkan kerja sama dengan pihak lain dalam rangka penguatan kapasitas (Capacity Building ) dibidang PJKR, disertai pembenahan database dan sistem informasi guna mendukung kelancaran proses dan output Program StudiPJKRsecara efektif, efisien dan tepat waktu.
  5. Membantu pembinaan dan pengembangan olahraga prestasi dalam rangka mewujudkan prestasi olahraga nasional.
  • Tujuan
Tujuan Program StudiPJKRFKIP Unpattisecara umum adalah  menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang pendidikan jasmaniolahraga dan kesehatan (PJOK) yang memiliki empat kompetensi utama yaitu :

  1. Kompetensi Pedagogik : mampu mengelola proses pembelajaran PJOK yang aktif, kreatif, eksperimentalis dan menyenangkan.
  2. Kompetensi Kepribadian : memiliki kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa serta dapat menjadi teladan bagi peserta didik dan berakhlak mulia.
  3. Kompetensi Sosial : mampu berkomunikasi yang humanis dan berinteraksi inklusif secara efektif dan efisien dengan pimpinan, peserta didik, teman sejawat,tenaga kependidikan, orang tua/wali, dan masyarakat luas.
  4. Kompetensi Profesional : mampu menguasai substansi materi pembelajaran (PJOK) secara luas dan mendalam yang dilandasikearifan lokal.

Secara khusus diharapkan mutu lulusan Program StudiPJKR memiliki kompetensi dalam bidang :

  1. Kompetensi Pedagogik: memiliki wawasan/landasan kependidikan jasmani, memahami peserta didik, mampu mengembangkan silabus dan RPP,  melaksanakan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, memanfaatkan teknologi pembelajaran, merancang dan melaksanakan evaluasi hasil belajar serta membantu siswa mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.
  2. Kompetensi Kepribadian :berakhlak mulia, kecerdasan emosional dan spiritual yang mantap, jujur, berwibawa, dan menjadi teladan bagi peserta didiknya, masyarakat dan dilingkungan tempat pengabdian.
  3. Kompetensi Sosial : mampu berkomunikasi secara lisan dan tulisan dengan baik dan benar, menggunakan teknologi komunikasi dan informasi secara fungsional, beradaptasi secara efektif dengan peserta didik, teman sejawat, tenaga kependidikan, orang tua/wali dan masyarakat luas.
  4. Kompetensi Profesional:memahami dan menerapkan landasan kependidikan baik filosofi, psikologis dan sosiologis; mampu menerapkan teori belajar sesuai taraf perkembangan peserta didik; mampu menangani dan mengembangkanbidang keahlian yang dimiliki untuk menunjang program pembinaan dan pengembangan olahraga prestasi.

1.1.5  Sasaran dan Strategi Pencapaian

a.    Sasaran yang ingin dicapai Program StudiPJKR adalah :

  1. Meningkatkan kualitas mahasiswa Program StudiPJKRdalam penguasaan ilmu pengetahuan dan keterampilan serta penerapannya dalam masyarakat.
  2. Meningkatkan kualitas tenaga pengajar/dosen melalui studi lanjut dan kegiatan-kegiatan ilmiah pada tingkat nasional maupun internasional.
  3. Peningkatan kualitas dan kuantitas lulusan
  4. Mengupayakan dan mengoptimalkan kerjasama instansi terkait dalam bidang pendidikan dan bidang pembinaan olahraga prestasi didalam maupun diluar negeri.

b.    Strategi pencapaian sasaranadalah:

1.    Strategi pencapaian sasaran satu meliputi:

a)    Merestrukturisasi kurikulum sesuai profil lulusan

b)   Pengontrolan pelaksanaan perkuliahan dan pelaksanaan praktikum sesuai dengan target pencapaian.

c)    Mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran.

d)   Mengoptimalkan peranan penasehat akademik.

e)    Mengupayakan keterlibatan mahasiswa dalam berbagai event keolahragaan

2.    Strategi pencapaian sasaran dua meliputi:

a)    Memotifasi tenaga kependidik/dosen untuk mengikutistudi lanjut (S3) di dalam dan luar negeri

b)   Meningkatkan Penelitian bertaraf lokal, nasional dan internasional

c)    Meningkatkan Pengabdian pada masyarakat

d)   Mengikutsertakan dosen dalam kegiatan pelatihan, semiloka dan workshop bertaraf nasional dan internasional

3.    Strategi pencapaian sasaran tigameliputi:

a)    Mengintensifkan pembimbingan skripsi.

b)   Menciptakan Suasana akademik yang kondusif

c)    Meningkatkan fungsi pelayanan akademik

d)   Mengoptimalkan peranan penasehat akademik

4.    Strategi pencapaian sasaran empatmeliputi:

a)    Mengupayakan dan meningkatkan kerjasama dengan DIKBUD di tingkat Provinsi dan Kabupaten Kota.

b)   Meningkatkan kerjasama dengan KONI Provinsi dan Pengurus Provinsi Cabang Olahraga.

c)    Meningkatkan kerjasama dengan berbagai organisasi independen fungsionalISORI, ASTENDIKOR, FORMI dan FIKOR.

d)   Memberdayakan alumni melalui Ikatan Sarjana Olahraga Unversitas Pattimura (ISORAPATTI)

e)    Meningkatkan kerjasama denganUniversity Windesheim Zwolle (Netherland).

c. Kelembagaan

1.    Mengupayakan perbaikannilai akreditasi dari C ke A, dan meningkatkan status program studi menjadi Fakultas danmembuka program S2.

2.    Pembentukan organisasi kemahasiswaan seperti HMPS yang mempunyai kegiatan secara terencana.

 

  • Sosialisasi

Uraikan upaya penyebaran/sosialisasi visi, misi dan tujuan Program Studi sertapemahaman Sivitas Akademika (Dosen dan Mahasiswa) dan tenaga kependidikan.

Visi, misi dan tujuan Program Studi PJKR diperkenalkan kepada masyarakat melalui beberapa cara sebagai berikut:

  1. Website universitas Pattimura : www.unpatti.ac.id  // www.fkip.unpatti.ac.id
  2. Program pengabdian masyarakat.  Program ini dilakukan dengan melibatkan dosen dan mahasiswa Program StudiPJKRditingkat Kabupaten/Kota.
  3. Menyebarluaskan profil program studi melalui Brosur dan Leaflet di sekolah-sekolah.